Selasa, Juli 24

Inget Mampus

Bro/sis, gw ingetin diri gw sendiri dan elu2 pade klo tiap-tiap jiwa PASTI akan merasakan mati (kullu nafsin dzaa iqatul maut) dan kematian itu datangnya tidak ada yg mengetahui kcuali Alloh, jd tidak dpt diduga, apalagi ngabari pke sms dulu. "Apabila tlh dtg ajal mreka, tdk akn dpt mengundurkannya barang sesaatpun & tidak pula mendahulukannya" (Q.S. Yunus:49)
Seringkali, rutinitas hidup menyebabkan seseorang lupa klo kematian itu dekat. Alloh sering kali mengingatkan qta bahwa setiap mnusia ada waktunya, salah satunya adalah dengan kematian orang lain. Ketika takdir Alloh ini mengenai seseorang yg dekat dengan qta, maka bekas yang ditinggalkan biasanya lebih terasa. hiks, syedih ye.

Rasulullah saw.mengategorikan orang yg selalu ingat mati dan selalu mempersiapkan diri untuk menghadapinya, adlh sebagai orang yg sempurna akalnya. Ini menyimpulkan bhwa orang yg sll ingat mati akn sll berhati-hati dlm sgl tingkah lakunya & sll menghindarkan diri dari sgl prbuatan yg dpt mncelakakan dirinya. Ia akan sll mempertimbangkan sgl apa yg akn dilakukannya dgn mempergunakan akal pikirannya, berdasarkan ajaran agamanya.
Mengingat mati adlh sbh hidayah tersendiri. Dengan mengingat mati, maka qtapun jadi dpt lbh brsyukur & bersabar dlm menghadapi ujianNya. Sebesar apapun masalah yg qta hadapi, pada akhirnya qta akan mati, dan Alloh akan menanyai hal-hal yg qta lakukan saat menghadapi masalah tsb. Apakah qta menganggapnya sbg ujian dari Alloh & kemudian lebih dkat pada-Nya, ataukah qta malah menyalahkan takdir Alloh itu. Woi bro/sis, s
udahkah kita ingat mati hari ini?
Bro/sis, agar qta mendapat keselamatan marilah amalkan doa: Alloohumma innii a'uudzu bika min jahdil balaa-i wa darkisy syaqoo-i wa suu-il qodhoo-i wa syamaa-tatil a'daa-i. Artinye: "Wahai Alloh, aku berlindung denganMu dari cobaan yg memayahkan, dari kecelakaan, dari buruknya keputusan dan dari gembiranya musuh". Yg suka membaca do'a tsb, maka Alloh akan menjauhkan padanya dari kecelakaan, buruknya keputusan & dari gembiranya musuh. dan insyaAlloh akan diberi perlindungan dari sesuatu yg membahayakan dirinya.

Tidak ada komentar: